Pendidikan
Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Akan Bergabung dengan Kelas Karyawan

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Akan Bergabung dengan Kelas Karyawan

Tidak ada salahnya bagi seorang karyawan yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Dengan tingkat pendidikan yang lebih tinggi maka akan membantu menaikkan jenjang karir juga. Untungnya, saat ini sudah banyak sekali kampus yang membuka kelas khusus untuk para pegawai atau karyawan. Tentunya, jam kuliah pun sudah disesuaikan dengan jadwal kerja.

Akan tetapi, dengan memutuskan untuk melanjutkan pendidikan ketika sedang bekerja maka tanggung jawab Anda juga bertambah. Mahasiswa biasa hanya akan bertanggung jawab pada pada tugas kuliah saja. Begitu juga karyawan non mahasiswa, tidak perlu memikirkan tugas kuliah. Tapi, jika ingin kuliah sambil tetap bekerja dan tidak menelantarkan keduanya, maka harus perhatikan hal-hal berikut ini.

Pastikan Pihak Perusahaan atau Instansi Tempat Bekerja Mengetahui Anda sedang Kuliah

Ketika Anda memutuskan untuk mengambil kelas karyawan, pastikan bahwa tempat Anda bekerja mengetahui Anda sedang melanjutkan pendidikan. Pemberitahuan ini bisa langsung diberitahu kepada atasan atau disampaikan ke pihak kepegawaian (HRD). Dengan mengkomunikasikan hal ini bisa saja Anda mendapatkan beberapa keuntungan dari tempat Anda bekerja.

Salah satu keuntungan yang mungkin diperoleh adalah biaya pendidikan. Tentu saja, ada timbal balik atau kompensasi dari pemberian biaya ini. Hal yang paling lumrah dilakukan adalah dengan penambahan waktu kontrak kerja. Ini merupakan hal yang wajar dan menguntungkan kedua belah pihak. Perusahaan mendapatkan pegawai yang lebih profesional dan pegawai mendapatkan biaya pendidikan.

Atur Jadwal Kerja dan Kuliah Supaya Tidak Bertabrakan

Hal kedua yang perlu diperhatikan ketika Anda memutuskan untuk mengambil kelas karyawan adalah pengaturan jadwal. Pastikan tidak terjadi bentrok antara jadwal kerja dan jadwal kuliah. Kelas untuk para pekerja ini biasanya bisa disesuaikan dengan jadwal kerja. Selain itu, apabila Anda sudah mengomunikasikan jadwal kuliah dengan pihak perusahaan, kemungkinan perusahaan akan memberikan kelonggaran.

Jurusan yang Linear dengan Profesi

Ketika memilih jurusan kuliah, ada baiknya memilih jurusan yang linear atau sejalan dengan profesi yang saat ini bisa ditekuni. Dengan pemilihan jurusan yang linear dengan profesi maka akan membantu dalam pengembangan karir. Selain itu, ketika akan memberikan bantuan finansial, perusahaan pun tidak akan ragu memberikannya. Malah mungkin akan memberikan dukungan penuh untuk pengembangan diri.

Hitung Beban Biaya Kuliah

Untuk berkuliah tentunya memerlukan biaya dan biaya tersebut diambil dari uang yang Anda miliki. Pertimbangkan biaya yang akan Anda keluarkan, jangan sampai biaya untuk kelas karyawan terabaikan karena pendapatan Anda tidak mampu memenuhi semua pengeluaran. Di sinilah bantuan dana dari perusahaan dibutuhkan untuk membantu pembiayaan kuliah. Apabila perlu hingga perkuliahan selesai.

Jaga Performa Kerja dan Kuliah

Supaya Anda tetap bisa dipercaya oleh perusahaan Anda, usahakan performa selama kerja dan kuliah bisa tetap terjaga dengan baik. Tentunya, hal ini perlu dilakukan dengan tetap memperhatikan kesehatan tubuh. Jangan forsir kemampuan tubuh Anda. Itu sebabnya juga diperlukan pengaturan jadwal yang baik dan pelaksanaan jadwal tersebut dengan disiplin. Pastikan masing-masing mendapatkan porsinya yang tepat.

Bagi Anda yang berminat untuk bergabung di salah satu kelas karyawan di universitas dan kampus yang ada di seluruh Indonesia, tidak ada salahnya untuk menengok situs goKampus.com. Situs ini merupakan salah satu situs yang bisa membantu Anda mendaftarkan diri secara online dengan mudah, cepat dan praktis. Mendaftar melalui situs ini Anda bisa mendapatkan keringanan biaya dengan mencicil juga beasiswa.

Tags :