Pendidikan
Masa Depan Cerah di Era 4.0 untuk Jurusan Kuliah IPS

Masa Depan Cerah di Era 4.0 untuk Jurusan Kuliah IPS

Dahulu, jurusan kuliah IPS seringkali dipandang sebelah mata oleh sebagian besar orang. Justru banyak yang menilai bahwa jurusan IPA lebih baik karena menganggap intelektualitasnya lebih terbukti. 

Faktanya, Anak IPS juga memiliki masa depan cerah, bahkan urusan peluang kerja dan gaji besar tidak perlu diragukan lagi. Memilih jurusan di sebuah kampus tentunya perlu melihat peluang yang akan berkembang di masa depan. 

Beberapa jurusan saat ini memang memiliki peluang yang semakin kecil akibat faktor disrupsi. Di sisi lain masih ada jurusan yang tetap menjanjikan dan sulit digantikan oleh kemajuan teknologi. Apa saja jurusan yang menjamin masa depan di era 4.0 itu?

Contoh jurusan kuliah IPS untuk Era 4.0

  • Jurusan Psikologi

Teknologi bisa saja berkembang pesat hingga tak tertandingi, namun tetap saja tidak akan bisa menggantikan peran seorang konsultan psikolog. Interaksi manusia dan psikologi memungkinkan munculnya berbagai resiko dan masalah untuk diselesaikan oleh psikologi. 

Cukup menjanjikan, bahkan jurusan psikologi menjadi jurusan favorit di beberapa kampus besar di Indonesia. Di era 4.0, lulusan psikologi bisa menjadi seorang psikolog profesional, bekerja sama dengan sekolah dan perusahaan atau menjadi konsultan psikolog. 

Website https://gokampus.com juga memberikan berbagai alternatif pilihan jurusan ketika Anda akan memulai kuliah nanti. Apalagi untuk melakukan pendaftarannya akan dibantu agar lebih mudah.

  • Jurusan Ekonomi Syariah

Tak bisa dipungkiri lagi bahwa Era 4.0 membuat orang-orang semakin menyadari pentingnya peran Ekonomi, tak terkecuali bidang ekonomi syariah. Trend kebangkitan ekonomi syariah merupakan sebuah alternatif pilihan.

Di antaranya semakin banyak bermunculan bank syariah, konsep ekonomi syariah dan lembaga lainnya dengan basis ekonomi syariah. Pada gilirannya akan menciptakan peluang kerja bagi lulusan ekonomi syariah.

  • Jurusan Pariwisata

Era 4.0 erat kaitannya dengan industri ekonomi kreatif, sehingga fokus pemerintah juga untuk bisa mengembangkan potensi wisata di Indonesia. Jurusan kuliah IPS yang satu ini sepertinya bisa Anda pilih karena memberikan peluang dan angin segar yang lebih menjanjikan. 

Tidak hanya potensi wisata yang sudah tersedia dari mulai suguhan wisata alam di Indonesia, melainkan sektor lain perlu digarap. Misalnya belum optimal potensi wisata halal Indonesia atau wisata sejarahnya juga. Ini menciptakan peluang yang besar untuk lulusan jurusan pariwisata. 

Industri pariwisata dan ekonomi kreatif membutuhkan lulusan terbaik untuk bisa mengembangkan objek wisata, mengembangkan bidang perhotelan, travel perjalanan dan lainnya. Setiap daerah di Indonesia memiliki potensi wisata yang beragam. 

  • Sastra

Jurusan kuliah IPS yang satu ini bisa menjadi pilihan terbaik untuk bisa meningkatkan kemampuan bahasa agar lebih menjual. Era 4.0 yang kreatif membutuhkan sastra untuk menghiasi industri dengan keindahan bahasa, puisi hingga cerpen.

Sastrawan berkaitan erat dengan kehidupan seni dan tujuannya sangat edukatif, Industri 4.0 tentu membutuhkan seni kreatifnya. Keahlian intelektual ini juga menjadi fokus pengembangan yang dilakukan Pemerintah Indonesia. 

Tidak hanya menjadi guru sastra, melainkan memiliki peluang besar untuk bekerja di lembaga seni budaya, menciptakan industri kreatif seperti perfilman dan lainnya. 

  • Ilmu Komunikasi

Perkembangan teknologi informasi semakin meningkat pesat, di Era 4.0 seorang pegawai perusahaan atau juga entrepreneur harus memiliki keterampilan berkomunikasi. Jurusan kuliah IPS ini akan terus berkembang sesuai kebutuhan komunikasi kekinian. 

Kunci sukses jurusan ilmu komunikasi adalah menguasai teknologi, bahasa dan skill penampilan untuk menghadapi Era 4.0.

Itulah beberapa jurusan kuliah IPS yang cukup menjanjikan masa depan cerah di Era 4.0. Jurusan mana yang akan Anda pilih? Semoga Berhasil.

Tags :